Semua tahu kalau pengalaman ngetik QWERTY di keyboard fisik dan layar sentuh punya perbedaan yang cukup jauh.

Mengetik di HP lebih rentan typo ketimbang mengetik di keyboard sungguhan seperti di laptop maupun komputer desktop, alasannya mungkin karena bentang layar yang enggak cukup ergonomis memuat semua alfabet dan karakter khusus. Bisa jadi.

Ini lebih jauh dikonfirmasi oleh satu studi mengenai performa mengetik menggunakan keyboard fisik dan layar sentuh yang menyimpulkan bahwa mengetik di keyboard dengan sensasi taktil bisa menghasilkan kecepatan mengetik tertinggi dengan jumlah typo paling sedikit.

Namun, pengembang aplikasi keyboard punya solusi berupa shortcut yang bisa memudahkan kamu mengetik di smartphone supaya lebih cekatan dan mungkin saja bisa menyaingi kecepatan ngetik di keyboard beneran.

Pengguna Gboard: Ini Tips dan Shortcut yang Perlu Kamu Tahu

Gboard adalah aplikasi keyboard yang dikembangkan oleh Google, yang biasanya sudah terinstal secara bawaan di smartphone Android kamu sejak pertama kali unboxing.

Mungkin banyak yang belum tahu, atau malah enggak menggunakan Gboard sama sekali. Ini cukup wajar mengingat banyak produsen smartphone yang menyematkan ragam aplikasi gak penting alias bloatware di dalamnya, yang enggak terkecuali aplikasi keyboard­.

Jadi, Gboard ini punya banyak fitur dan “jalan pintas” atau istilah savvy-nya shortcut yang bisa bikin kamu ngetik lebih efisien di layar HP dengan tuts keyboard saling berdesakan ini.

1. Glide typing

fitur glide typing gboard

Terbiasa ngetik huruf per huruf seperti barbarian abad ke-21? Di Gboard, kamu bisa aktifin fitur glide typing yang bisa bikin pengalaman ngetik jauh lebih smooth.

Sesuai namanya, glide typing ini bisa mengubah cara mengetik kamu secara menyeluruh, karena kamu bisa mengetik cukup dengan menggeser (menyeret?) jari di Gboard untuk bisa membentuk kata sampai kalimat penuh.

Secara bawaan, glide typing ini udah aktif di Gboard. Namun, kamu bisa mengecek pengaturan glide typing di sini:

  1. Buka pengaturan Gboard, klik Glide Typing
  2. Geser slider Enable glide typing untuk aktifin fitur ini
  3. Ada juga pengaturan lain seperti Enable gesture delete untuk menghapus banyak karakter atau kata sekaligus, dalam sekali swipe dari tombol backspace/delete
  4. Kalau mau lebih, ada Enable gesture cursor control untuk memudahkan seleksi kursor dengan swipe tuts spasi ke kiri atau ke kanan

Dengan ini, sekarang enggak ada lagi tuh, typo-typo yang mengganggu kelancaran chatting, membalas email dari boss, atau; enggak tau, yang lainnya mungkin.

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Android yang Wajib Kamu Coba

2. Floating keyboard

floating keyboard gboard

Berikutnya ada fitur floating keyboard, yang secara visual bisa bikin Gboard “melayang” di atas tampilan aplikasi lainnya.

Untuk bisa mengaktifkan fitur melayang ini, kamu cukup klik tombol “>” yang ada di bagian atas-kiri Gboard, kemudian klik ikon titik tiga (menu) dan pilih Floating.

Setelah itu, Gboard akan berubah tampilan jadi overlay di atas tampilan aplikasi apapun yang sedang berjalan.

Kamu bisa geser-geser dengan klik-tahan ikon anak panah di bagian bawahnya, atau mengubah ukuran floating Gboard dengan klik-tahan bagian sudut-sudutnya.

Kalau ingin mengembalikan Gboard ke tampilan semula, cukup geser Gboard hingga menempel ke bagian bawah layar.

3. Tampilan ngetik satu tangan

gboard mengetik satu tangan

Mungkin fitur ini terdengar agak counter-intuitive, tapi kalau kamu salah satu pengguna Gboard yang menggunakan tablet, mungkin fitur ini menarik buat dicoba.

Akses menu Gboard dengan klik tombol “>” lagi, kemudian coba klik ikon dengan ilustrasi tangan untuk menggunakan fitur one-handed mode.

Setelah aktif, fitur ini akan mengubah tampilan Gboard jadi sedikit lebih kecil dan geser ke kanan atau kiri layar.

Mengombinasikan fitur glide typing, fitur mengetik satu tangan ini cukup handy.

4. Kirim-kirim GIF

cara  kirim gif di hp

Banyak dari aplikasi chatting masa kini yang sudah mendukung berkas GIF, gambar bergerak yang biasanya dipakai untuk ngasih reaksi receh di chatroom.

Gboard juga menyediakan fitur pencarian GIF (baca: jif, gif?) langsung dari keyboard ke aplikasi apapun yang mendukung file format GIF ini.

Nah, di menu fitur setelah kamu klik tombol “>” di bagian pojok kiri atas terdapat ikon GIF untuk mencari gambar-gambar bergerak berdasarkan keyword yang sesuai untuk langsung kamu kirimkan.

5. Google Translate langsung dari keyboard

google translate gboard

Kadang kala bisa saja kamu kelupaan akan satu kata dalam bahasa Bengali saat kamu sedang negosiasi proyek besar dengan klien asal Bangladesh.

Fatal? Bisa jadi, tapi tenang; Gboard ada fitur Google Translate yang bisa langsung menerjemahkan ketikan tanpa perlu membuka aplikasi lain.

Masih sama, kamu cukup klik ikon “>” di pojok kiri atas untuk membuka fitur-fitur Gboard, lalu klik ikon Google Translate.

Pilih dari dan ke bahasa yang kamu inginkan, lalu ketik untuk mendapatkan terjemahan Google Translate langsung di hasil ketikan kamu dengan cepat.

Baca juga: Rekomendasi Launcher Android Terbaik, Bikin Homescreen Makin Apik!

6. Shortcut karakter khusus

gboard karakter khusus

Cara biasa untuk menggunakan karakter khusus di keyboard umumnya melibatkan tombol simbol (?123) yang harus diklik, kemudian memilih karakter yang dinginkan, lalu klik tombol simbol sekali lagi untuk balik ke tampilan alfabet.

Gboard mempersingkat proses ini dengan glide gesture yang mirip ketika kamu menggunakan glide typing. Bedanya, kamu cukup menggeser (klik dan tahan) jari dari tombol simbol (?123) dan pilih karakter khusus yang kamu butuhkan, kemudian lepas jari untuk kembali ke tampilan alfabet.

7. Shortcut huruf kapital

shortcut huruf kapital gboard

Mirip dengan shortcut karakter khusus, fitur ini bisa memudahkan kamu menggunakan huruf kapital dengan menggeser jari dari tombol shift kemudian geser ke huruf yang diinginkan.

Selain itu, kamu juga bisa block kata yang sudah diketik, kemudian klik tombol shift satu kali untuk mengubah kapitalisasi jadi sentence case, atau klik dua kali untuk mengubah seluruh kata menjadi huruf kapital.

8. Pakai pengejaan bahasa lokal

google keyboard ejaan bahasa indonesia

Untuk pengalaman mengetik yang lebih efisien dengan pengecekan ejaan dan autocorrect Bahasa Indonesia, kamu bisa mengaktifkan fitur ejaan di Gboard.

Ikuti langkah berikut:

  1. Buka pengaturan Gboard > klik Languages
  2. Klik tombol Add Keyboard di bagian bawah
  3. Cari bahasa yang kamu inginkan > klik Done

Di tampilan Add Keyboard ini, kamu bisa menemukan ragam bahasa lokal seperti Betawi, Batak, Jawa, dan lain-lain.

9. Bikin tampilan Gboard lebih leluasa

setting tampilan google keyboard

Kenyamanan mengetik buat setiap orang bisa jadi berbeda-beda.

Sama seperti ketika mengunakan Gboard, bisa saja kamu sering melakukan typo karena tampilan Gboard yang terlalu kecil, atau sebaliknya.

Dari pengaturan utama Gboard, kamu bisa setel ukuran Gboard menjadi lebih besar atau kecil untuk menyesuaikan kebutuhan mengetik.

  1. Buka Gboard settings > Preferences > Keyboard height
  2. Pilih ukuran yang kamu rasa sesuai dengan kenyamanan mengetik, mulai dari extra short sampai dengan extra tall.

Baca juga: Cara Menggabungkan File PDF, Online Maupun Offline

Beberapa tips dan shortcut di atas belum mencakup semua fitur Gboard, tapi bisa membantu kamu untuk mengetik lebih cepat dan efisien di smartphone.

Simak juga artikel UrbanIdea seputar teknologi dan gadget menarik lain yang sebaiknya enggak kamu lewatkan.