Ingin menjual laptop lama? Jika iya, maka kamu harus mengetahui cara reset laptop Windows agar data-data kamu tidak terbawa oleh pembeli dan bocor.

Selain soal keamanan data, melakukan reset laptop Windows kamu juga bisa memperbaiki masalah OS yang serius, seperti kena malware misalnya.

Untuk itu, artikel UrbanIdea kali ini akan cara format laptop Windows dengan aman untuk memastikan semua informasi dan data penting kamu terlindungi.

Baca juga: Bagaimana Cara Restart Laptop Windows dengan Benar?

Persiapan sebelum reset laptop Windows

Sebelum kamu melakukan reset laptop Windows, penting untuk melakukan backup Windows 10. Beberapa fungsi reset Windows dapat menyimpan dokumen dan file tertentu, tapi tidak sebaiknya tidak mengambil risiko kehilangan semua data karena kamu memilih opsi reset yang salah atau meletakkan data di folder yang salah.

Untuk memastikan data-data penting kamu aman, pastikan untuk backup semua data ke drive eksternal atau penyimpanan cloud sebelum kamu melakukan format laptop Windows 10.

Baca juga: Ketahui Perbandingan Layar OLED vs IPS LCD Sebelum Ganti Laptop

1. Cara reset laptop Windows 10

Memformat ulang laptop Windows 10 dapat memakan waktu cukup lama, tergantung kecepatan prosesor, memori, dan drive penyimpanan laptop kamu, tapi mereset laptop dengan sistem operasi Windows 10 ini sendiri relatif mudah, kok. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk format laptop Windows 10:

  1. Buka menu Windows 10 Settings dengan menekan tombol Win + I; atau cari Settings dari search bar Windows 10.
  2. Pilih Update & Security di bagian bawah menu.
  3. Pilih Recovery di menu sebelah kiri.
  4. Di bawah keterangan Reset this PC, pilih Get Started.

Kamu akan mendapatkan dua opsi; Keep my files untuk menghapus semua program dan pengaturan instalasi dengan mempertahankan semua file pribadi. Jika kamu memiliki banyak file pribadi dan menginginkannya setelah reset, pilih opsi ini. 

Opsi kedua, Remove everything untuk menghapus semua data dan file dari HDD atau SSD kamu sepenuhnya saat Windows diformat ulang. Hanya pilih opsi ini jika kamu tidak memiliki data apapun di drive yang ingin kamu simpan.

Jika tujuan kamu mengetahui cara reset laptop untuk keperluan dijual, maka kami sangat sarankan untuk memilih opsi Remove everything, yang memastikan bahwa pihak ketiga (pembeli) tidak dapat mengakses data kamu.

Baca juga: 5 Cara Mengunci Laptop Windows 10, Bebas dari Tangan Usil!

2. Cara reset laptop Windows 7

Memformat ulang laptop Windows 7 sangat membantu jika kamu ingin menjualnya, atau OS Windows kamu rusak. 

Jika kamu telah mencoba semua yang kamu bisa untuk memperbaiki kesalahan atau memperbaiki apa pun yang mencegah laptop digunakan secara normal, format ulang Windows 7 adalah solusi terbaik untuk mengembalikan OS Windows kembali normal.

Sayangnya, tidak seperti cara reset laptop Windows 10, memformat laptop Windows 7 ini prosesnya sedikit lebih panjang. Namun, selama kamu mengikuti caranya dengan cermat, tentunya tidak akan ada masalah.

Berikut cara format laptop Windows 7:

  1. Mereset laptop Windows 7 dapat menggunakan system image Windows 7 melalui fitur Advanced Recovery Methods yang ada di Control Panel.
  2. Metode ini bisa dilakukan jika kamu punya cadangan system image saat komputer kamu masih berfungsi normal (atau bahkan saat baru dibeli).
  3. Cara format laptop Windows 7 ini pada dasarnya mengembalikan kondisi terakhir dari system image yang kamu punya.

Perlu diperhatikan bahwa cara format laptop Windows 7 ini hanya bisa dilakukan jika kamu masih bisa mengakses Windows 7 atau bisa booting, karena kamu harus masuk dan membuka fitur utility.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows

Kenapa harus reset laptop Windows?

Ada banyak cara mereset laptop Windows, mulai dari menggunakan system image hingga menggunakan fitur recovery; tetapi yang pasti, melakukan format ulang Windows adalah cara terbaik sebelum kamu menjual laptop lama, untuk alasan keamanan data.

Selain itu, reset laptop Windows juga cara ampuh untuk mempercepat laptop yang mulai terasa lemot setelah bertahun-tahun digunakan.

Simak juga artikel UrbanIdea seputar gadget dan teknologi menarik lainnya yang sebaiknya enggak kamu lewatkan.