Headphone noise cancelling adalah solusi buat kamu yang ingin mendapatkan kedamaian dari bisingnya suara lingkungan sekitar dan membenamkan diri ke deretan musik maupun podcast kegemaran. 

Active Noise Cancelling (ANC) adalah terobosan teknologi yang sangat bermanfaat di banyak situasi, misalnya ketika kamu sedang berada di perjalanan kereta, pesawat, atau sekadar ingin berdamai dari proyek pekerjaan umum di luar rumah.

Headphone noise cancelling umumnya bagus untuk kamu yang gampang terganggu oleh kebisingan; di mana pilihan headphone noise cancelling terbaik dapat meningkatkan produktivitas dengan menghilangkan gangguan suara ini. 

Namun, saat ini sangat banyak pilihan headphone noise cancelling di pasaran, lalu gimana kamu menentukan headphone ANC terbaik?

Alasan Memilih Headphone Noise Cancelling

Seperti yang sudah disebutkan tadi, headphone noise cancelling adalah solusi buat kamu yang hanya ingin bikin lingkungan sekitarnya lebih senyap, yang berguna untuk meningkatkan fokus ke hal-hal seperti percakapan telepon atau mendengarkan musik.

Berikut adalah beberapa pertimbangan memilih headphone atau earphone noise cancelling sebelum kamu memutuskan membeli. Yuk, simak!

1. Harga headphone

Headphone noise cancelling terbaik biasanya berkisar antara 3 juta hingga 5 jutaan. Tentu saja, ketika kamu mempertimbangkan uang untuk sebuah headphone, kamu pasti ingin mendapatkan kualitas terbaik dari fitur-fiturnya, seperti opsi wireless, integrasi virtual assistant, dan aplikasi bawaan untuk equalizer suara.

Baca juga: 7 Headphone Noise Cancelling Terbaik 2022

2. Kabel vs. wireless

Teknologi wireless terwujud berkat bluetooth yang kini mencapai generasi 5.0, memungkinkan kita mendengarkan tanpa kabel yang mengganggu. 

Headphone wireless dengan active noise cancelling yang bagus biasanya memiliki kisaran harga yang lebih tinggi. Bose QuietComfort 35 II misalnya, dibanderol dengan harga sekitar 4 jutaan ke atas, tetapi kualitas audio dan fungsi peredam suaranya tidak perlu kamu ragukan lagi.

3. Dukungan aplikasi

Headphone noise cancelling tipe wireless yang bagus biasanya memiliki dukungan aplikasi yang berfungsi untuk penyetelan audio dan fitur ekstra lainnya dalam 1 tempat. 

Pastikan untuk mengecek apakah ada aplikasi pendamping headphone noise cancelling incaranmu yang bisa membuat perbedaan besar secara fungsi audio.

4. Daya tahan baterai

Beberapa model headphone noise cancelling dapat mencapai daya tahan baterai mulai dari 20 hingga 30 jam masa pakai dari kondisi full charge

Namun, ada juga model headphone ANC yang melampaui daya tahan tadi, lho. Misalnya Jabra Elite 85H yang bisa bertahan hingga 36 jam dalam sekali pengecasan baterai.

Jadi, jika kamu adalah pengguna yang sering mobile dan jauh dari stop kontak, mungkin fitur daya tahan baterai perlu jadi prioritas.

Baca juga: 15 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik di 2022

5. Kualitas bodi/fisik headphone

headset noise cancelling microphone

Kualitas sebuah headphone awalnya bisa kamu nilai dari material yang digunakan. Perhatikan bahan headband, earcup, padding, dan lain sebagainya. 

Jika memungkinkan, lakukan pengetesan dengan digunakan langsung di tempat. Selain material yang baik, prioritas utama headphone adalah kenyamanan kamu, jadi percuma jika mahal tapi tidak nyaman digunakan di kepala.

6. Kualitas suara

Faktor branding bisa jadi memengaruhi harga, akan tetapi teknologi yang digunakan dan spesifikasi audio sebuah headphone adalah sesuatu yang enggak akan bisa dibohongi.

Untuk itu, penting supaya kamu tidak terjebak ke mindset “asal bermerek” dalam memilih headphone. Sebaliknya, rajin-rajin membaca review dan mencobanya langsung jika memungkinkan.

7. Perbedaan noise cancelling aktif dan pasif

Secara teknis, semua jenis headphone dapat mengisolasi suara secara pasif, tapi tidak memblokir semua frekuensi suara.

Headphone dengan noise cancelling aktif (ANC) dapat “melawan” gelombang suara frekuensi rendah berkat mikrofon dan chipset yang membalik gelombang suara tad, kemudian “membatalkan” sebagian besar gelombang suara.

Baca juga: Ini Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Rumah

Kesimpulan

Ada banyak pilihan headphone noise cancelling, tapi mana pilihan yang terbaik buat kamu? Panduan di atas tentang cara memilih headphone noise cancelling mungkin sedikit memberikan kamu gambaran.

Jangan ketinggalan artikel UrbanIdea seputar gadget dan teknologi menarik lainnya yang sebaiknya enggak kamu lewatkan.