Sekarang untuk terhubung ke internet bisa lebih mudah dengan adanya teknologi WiFi yang nirkabel. Kadang kala, jaringan WiFi bisa saja lemot, mengakibatkan banyak aktivitas jadi terhambat karena banyak sebab.

Pernah mengalami koneksi WiFi yang lemot? Kamu bukan satu-satunya. WiFi yang lambat adalah satu hal yang bisa jadi masalah besar.

Karenanya, mengetahui cara mempercepat koneksi WiFi adalah satu bekal yang semua orang harus kuasai.

Nah, di artikel ini kamu akan mendapatkan sederetan solusi berupa cara mempercepat koneksi WiFi dirumah, yuk baca terus.

Bagaimana Cara Mempercepat Koneksi WiFi?

Internet sudah menjadi bagian inti dari kehidupan kita sehari-hari. Selain cara konvensional menggunakan kabel, terhubung ke internet kini lebih popular secara nirkabel atau WiFi yang memiliki kepanjangan Wireless Fidelity.

Koneksi WiFi tidak selamanya bisa stabil; sekalinya lemot maka pekerjaan kamu bisa terganggu. Untuk itu, ada baiknya kamu sedikit lebih tech-savvy dengan mengetahui cara mempercepat koneksi WiFi di sini.

1. Atur antena router WiFi

posisi antena router wifi

Banyak pengguna router WiFi yang mengabaikan pentingnya menyesuaikan posisi antena. Padahal, dengan mengatur posisi antena router WiFi dengan benar bisa meningkatkan kekuatan sinyal WiFi di rumah, lho.

Posisi antena router WiFi yang direkomendasikan adalah perpendicular, atau posisi 1 tiang antena menghadap ke atas (vertikal), dan 1 tiang lainnya menghadap ke samping (horizontal).

Ternyata, posisi antena router WiFi ini bertujuan untuk memperluas jangkauan ke seluruh ruang di rumah.

2. Gunakan router WiFi dengan teknologi terbaru

Jaringan WiFi sudah hadir dalam beberapa generasi. Sejauh ini, setidaknya sudah ada 8 generasi teknologi WiFi yang sudah digunakan di router WiFi dan bisa dibeli di pasaran.

Ini detail teknologi WiFi yang bisa kamu perhatikan:

Teknologi/Generasi WiFiKecepatan MaksimalTahun RilisFrekuensi WiFi
Wi‑Fi 6E (802.11ax)600 to 9608 Mbit/s20196 GHz
Wi‑Fi 6 (802.11ax)600 to 9608 Mbit/s20192.4/5 GHz
Wi‑Fi 5 (802.11ac)433 to 6933 Mbit/s20145 GHz
Wi‑Fi 4 (802.11n)72 to 600 Mbit/s20082.4/5 GHz
802.11g6 to 54 Mbit/s20032.4 GHz
802.11a6 to 54 Mbit/s19995 GHz
802.11b1 to 11 Mbit/s19992.4 GHz
802.111 to 2 Mbit/s19972.4 GHz

Melihat info di atas, kamu bisa cek teknologi router WiFi yang kamu gunakan di rumah. Kalau teknologinya sudah tertinggal jauh, mungkin sudah saatnya untuk ganti router ke yang lebih baru.

3. Komputer dan Laptop: Jalankan Perintah Flush DNS

cara flush dns windows 10

DNS bertindak seperti buku telepon yang berisi alamat-alamat website di seluruh dunia. Kadang kala, ada saatnya penyedia DNS mengubah atau mengupdate database-nya, membuat kamu harus menjalankan perintah Flush DNS di perangkat yang kamu gunakan.

Flush DNS ini bertujuan untuk membersihkan cache yang masih tersimpan sebelum perubahan DNS terjadi. Untuk menjalankan perintah Flush DNS, ikuti Langkah berikut:

  1. Tekan tombol kombinasi Windows key + R
  2. Ketik “cmd” di jendela Run yang muncul, tekan enter
  3. Ketik “ipconfig /flushdns” di jendela Command Prompt yang muncul, tekan enter
  4. Perintah Flush DNS berhasil kamu jalankan

4. Cek Kekuatan Sinyal WiFi

aplikasi wifi analyzer

Ada kalanya sinyal WiFi di kamar atau posisi kamu berada ternyata lebih lemah dari spot lainnya di rumah. Tentunya untuk mengetahui ini dengan pasti kamu butuh bantuan aplikasi untuk mengecek kekuatan sinyal WiFi.

Di Play Store atau App Store, kamu bisa coba cari aplikasi pengecek sinyal WiFi dengan kata kunci “WiFi Analyzer”. Beberapa yang memiliki rating cukup tinggi di antaranya adalah CloudCheck, NetSpot, IP Tools: WiFi Analyzer, NETGEAR WiFi Analytics, dan banyak lagi.

5. Gunakan WiFi Extender

xiaomi mi wifi repeater extender

WiFi Extender adalah perangkat untuk memperluas jangkauan sinyal WiFi. Dengan menggunakan WiFi Extender, area di rumah yang tadinya lemah sinyal WiFi-nya bisa lebih kuat untuk menunjang kebutuhan konektivitasmu.

Di pasaran ada banyak merek dan tipe WiFi Extender. Dari merek yang terkenal tapi murah seperti Mi WiFi Repeater, sampai yang cukup mahal dari Huawei model WS331C WiFi Extender. Sisanya, tinggal kamu sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Itulah tadi rangkuman cara mempercepat koneksi WiFi rumah yang semoga bisa membantu menyelesaikan masalah lemotnya jaringan WiFi kamu.

Simak juga artikel UrbanIdea seputar gadget dan teknologi menarik lainnya yang sebaiknya enggak kamu lewatkan.