Buah kiwi atau Actinidia Deliciosa yang terkenal dari Selandia Baru ini ternyata berasal dari daratan Cina yang sudah ditemukan sejak abad ke 20. Bentuknya relatif kecil dengan kulit berwarna cokelat yang berambut, buah kiwi ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan.

Buah kiwi memiliki daging yang berwarna hijau dengan biji-biji hitam lunak yang juga dapat dikonsumsi. Rasanya manis dan sedikit asam dengan teksturnya yang lembut menjadikannya sebagai buah favorit yang tidak kenal usia.

Cara menikmati buah kiwi selain dikonsumsi secara langsung adalah kamu dapar mengolahnya menjadi berbagai macam makanan dan minuman. Tentunya yang paling mudah adalah dengan menjadikannya jus atau sebagai campuran jus.

Selain itu, kamu juga bisa tambahkan potongan buah kiwi di dalam salad, campuran yoghurt, tambahan untuk es krim, dibuat menjadi smoothies, perasa kue, hingga puding. Olahan buah kiwi tidak terbatas!

Untuk mengetahui tentang buah kiwi lebih lanjut, berikut kandungan dan manfaat buah kiwi.

Kandungan Buah Kiwi

Buah kiwi merupakan buah yang kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Berdasarkan info dari WebMD, buah kiwi mengandung antioksidan yang bisa memelihara tubuh dari radikal bebas, juga kandungan lain seperti:

  1. Vitamin C 
  2. Serat
  3. Zat besi
  4. Carotenoids 
  5. Antioksidan

Kandungan Nutrisi Kiwi per Sajian

Setiap penyajian kiwi sebanyak 140 gram mengandung nutrisi sebagai berikut:

  1. 90 kalori
  2. 1 gram protein
  3. 1 gram lemak
  4. 21 gram karbohidrat
  5. 5 gram serat
  6. 15 gram gula

Apa Saja Manfaat Buah Kiwi?

manfaat buah kiwi untuk diet

Berdasarkan kandungannya, buah kiwi mengandung banyak vitamin C untuk kebaikan imun tubuh. Sebagai tambahan, buah kiwi mengandung sekitar 230% dari asupan Vitamin C harian yang direkomendasikan setiap hari.

Tidak hanya enak dan segar dikonsumsi, buah kiwi menawarkan beragam khasiat kesehatan seperti yang bisa kamu simak berikut ini:

1. Menutrisi Kulit

Mengonsumsi buah kiwi secara rutin dapat membantu menutrisi kulit. Kandungan antioksidan, vitamin C dan E pada buah kiwi dapat membuat kulit lebih segar, kenyal, dan lembab. Selain itu, mengonsumsi buah kiwi secara rutin pun dapat memperlambat penuaan dini.

Baca juga: Deretan Manfaat Buah Belimbing, Apa Saja?

2. Memperkuat Imunitas Tubuh

Memiliki asupan nutrisi yang teratur penting dilakukan agar kondisi imun tubuh tetap terjaga. Pastinya kamu sudah tahu bahwa vitamin C berperan penting dalam memperkuat imunitas tubuh. Vitamin C yang terkandung dalam kiwi juga membantu melindungi sel dalam tubuh dari radikal bebas.

Memiliki imun dan kekebalan tubuh yang baik dapat membantu menghindarkan kita dari risiko terkena berbagai macam penyakit seperti flu, demam, dan berbagai macam penyakit lainnya.

Mengonsumsi jus kiwi dapat memberikan asupan vitamin C harian yang dianjurkan.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Indeks glikemik rendah yang ada pada buah kiwi dan kandungan serat yang tinggi membuatnya akan menciptakan dorongan insulin yang kuat seperti buah lain dengan kandungan gula tinggi, sehingga tubuh tidak akan merespons dengan menyimpan lemak.

Dengan begitu, mengonsumsi buah kiwi secara rutin dapat membantumu menurunkan berat badan, sangat cocok untuk kamu yang sedang dalam program diet.

4. Membantu Mencegah Penyakit Jantung

Riset membuktikan bahwa mengonsumsi dua hingga tiga buah kiwi sehari telah terbukti mengurangi potensi pembekuan darah hingga 18% dan mengurangi trigliserida hingga 15%. 

Banyak orang menggunakan aspirin untuk mengurangi pembekuan darah, tetapi mengonsumsi aspirin dapat menyebabkan banyak efek samping, termasuk peradangan dan pendarahan usus. Manfaat buah kiwi dapat digantikan sebagai anti pembekuan darah yang sama tanpa efek samping.

Baca juga: Cara Alami untuk Menguruskan Badan yang Ampuh

5. Mengatasi Insomnia

Untuk kamu yang memiliki masalah kesulitan tidur di malam hari atau sering tidur dalam keadaan tidak nyenyak, mungkin kamu dapat mencoba mengonsumsi kiwi secara rutin setiap sebelum tidur.

Kiwi yang dimakan langsung atau dibuat sebagi jus dipercaya merupakan alternatif obat tidur alami yang tidak mengandung bahan kimia, sehingga aman untuk kesehatan.

Mengapa demikian? Buah kiwi mengandung sifat antioksidan dan serotinin yang akan membantu menenangkan pikiran dari stres dan stres dapat memengaruhi kualitas tidur. Maka itu, mengonsumsi buah kiwi sebelum tidur setiap harinya dapat membantu mengatasi insomnia atau susah tidur. 

6. Dapat Mengobati Asma

Jika kamu memiliki riwayat penyakit asma, kamu dapat mencoba mengonsumsi buah kiwi untuk membantu meredakannya. Sesak napas adalah satu di antara gejala penyakit asma dan dapat diredakan dengan mengonsumsi buah kiwi.

Kiwi kaya kandungan vitamin C dan antioksidan. Kedua komponen tersebut sangat dipercaya dapat mengendalikan gejala penyakit asma. Beberapa penelitian yang dilakukan juga  telah menyebutkan bahwa fungsi paru-paru akan meningkat bagi mereka yang rutin mengonsumsi buah kiwi.

7. Membantu Melancarkan Pencernaan

Sedang susah buang air besar ataupun mengalami masalah pencernaan lainnya? Coba konsumsi buah kiwi. Buah kiwi dapat membantu masalah pencernaanmu karena kandungan seratnya yang tinggi, sehingga dapat membantu masalah pencernaan.

Selain itu, kandungan enzim proteolitik yang sering disebut actinidin juga dipercaya dapat memecah protein lebih cepat, sehingga mempermudah kerja sistem pencernaan.

Baca juga: Diare? Ketahui Cara Alami Mengatasi Diare di Sini

Itu dia kandungan dan segudang manfaat buah kiwi. Hebat sekali bukan buah kecil yang satu ini? Jangan lupa untuk konsumsi buah kiwi secara rutin agar mendapatkan manfaatnya, ya!

Simak juga artikel UrbanIdea seputar kesehatan dan makanan menarik lainnya yang sebaiknya enggak kamu lewatkan.