Setiap sel tubuh manusia memiliki kolesterol, yaitu kolesterol baik maupun jahat. LDL atau Low Density Lipoprotein merupakan kolesterol baik sedangkan HDL atau High Density Lipoprotein merupakan jenis kolesterol yang jahat yang dapat berbahaya bagi tubuh.

Fungsi kolesterol adalah untuk mencerna makanan, memproduksi hormon, dan menghasilkan vitamin D. Namun jika jumlah LDL dalam darah tinggi, atau yang sering disebut dengan hiperkolesterolemia, bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung dan penyakit-penyakit parah lainnya.

Sangat penting bagi kamu penderita penyakit kolesterol untuk selalu menjaga apa yang kamu makan. Kini untuk membeli bahan-bahan makanan sehat bisa kamu beli tidak cuma di pasar, tapi juga di aplikasi belanja online.

Makanan Apa Saja yang Bisa Menurunkan Kolesterol?

Semua yang berlebihan tentu tidak baik untuk tubuh, apalagi mengenai kolesterol yang bisa berakibat ke penyakit fatal yang menyangkut jantung. Untuk itu, ada baiknya mulai mengonsumsi makanan untuk menurunkan kolesterol, baik untuk kamu penderita maupun yang belum, sebagai pencegahan.

Nah, berikut ini adalah rekomendasi makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita kolesterol.

1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan nutrisi. Buah alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan serat, dua nutrisi yang membantu meningkatkan LDL dan menurunkan kolesterol HDL atau kolesterol jahat.

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas dengan kolesterol LDL tinggi yang makan satu alpukat setiap hari menurunkan kadar LDL mereka lebih banyak daripada mereka yang tidak makan alpukat.

Baca juga: Begini Cara Membuat Yoghurt Sendiri di Rumah

2. Bawang Putih

Bawang putih telah digunakan selama berabad-abad sebagai bahan dalam memasak dan sebagai obat tradisional karena mengandung berbagai senyawa tanaman yang kuat, termasuk allicin, yaitu senyawa aktif utamanya.

Studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan kadar kolesterol jahat yang tinggi dan dapat membantu menurunkan kolesterol LDL total. Namun, jumlah bawang putih yang relatif besar diperlukan untuk mencapai efek penurunan kolesterol.

3. Kacang Kedelai

Untuk kamu yang memiliki riwayat kolesterol tinggi sebaiknya memperbanyak konsumsi kacang kedelai. Kedelai dianggap sebagai suatu cara menurunkan kolesterol dengan konsumsi makanan yang tepat. Kacang-kacangan ini mengandung asam lemak tak jenuh ganda, vitamin, mineral, dan serat berkualitas tinggi yang bagus untuk mengusir kolesterol jahat.

Selain mengonsumsi kacang kedelai secara utuh, kamu juga bisa mendapatkan manfaat kedelai dari meminum susu kedelai yang kaya akan nutrisi yang sama dengan memakan kacang kedelai utuh.

4. Teh Hijau

Cara menurunkan kolesterol yang satu ini cocok untuk kamu yang senang meminum teh, karena salah satu cara menurunkan kolesterol adalah dengan mengonsumsi teh hijau. Teh hijau adalah minuman sehat yang terbukti bermanfaat menyerap kolesterol jahat di saluran pencernaan dan mencegah penumpukan plak di arteri.

Baca juga: Kandungan dan Manfaat Buah Plum – Dari Kesehatan Sampai Kecantikan

5. Ikan Salmon

Ikan almon adalah protein atau makanan yang tepat bagi para penderita kolesterol tinggi karena ikan salmon mengandung asam lemak omega-3, EPA dan DHA, yang berguna untuk menurunkan trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik.

Konsumsi setidaknya dua porsi salmon setiap minggu untuk menjaga kesehatan jantung dan mendapatkan efek yang maksimal.

6. Sayur-sayuran

sayur sayuran penurun kolesterol

Sayuran adalah bagian penting dari diet sehat jantung, ataupun diet makanan lainnya karena sayuran memiliki gizi yang penting bagi tubuh. Berbagai jenis sayuran mengandung banyak serat, antioksidan dan rendah kalori yang diperlukan untuk menjaga berat badan yang sehat.

Beberapa sayuran sangat tinggi pektin, atau serat larut penurun kolesterol yang ada pada apel dan jeruk. Sayuran yang kaya pektin termasuk okra, terong, wortel, dan kentang.

Sayuran juga menghasilkan berbagai senyawa tanaman yang menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk perlindungan terhadap penyakit jantung.

7. Terong

manfaat terong untuk menurunkan kolesterol

Sayuran yang berwarna ungu ini ternyata sumber serat larut yang baik yang menyerap asam empedu dalam tubuh dan mendorong tubuh untuk menurunkan kolesterol lebih di hati. Banyak hidangan menarik dan enak yang bisa diolah dari terong, yang bisa membantu meningkatkan konsumsi terong sehari-hari.

8. Kelapa

khasiat kelapa untuk menurunkan kolesterol

Makan kelapa beserta airnya tidak hanya baik untuk mengganti cairan tubuh dan membuat kulit lebih halus. Ternyata mengonsumsi kelapa juga bermanfaat untuk berbagai macam kesehatan tubuh. Banyak studi yang menemukan bahwa mengonsumsi kelapa bagus untuk menurunkan kadar kolesterol.

Baca juga: Kumpulan Cara Menguruskan Badan Secara Alami yang Bisa kamu Coba

Itu dia 8 rekomendasi makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol. Makanan-makanan di atas juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh orang yang sehat untuk membuat badan tetap sehat dan terjaga dari penyakit. Mulai hidup sehat sejak dini untuk masa tua yang lebih sehat dan lebih baik.

Simak juga artikel UrbanIdea seputar makanan dan kesehatan menarik lainnya yang sebaiknya enggak kamu lewatkan.