Buah plum adalah buah yang masih bersaudara dengan buah persik, nectarine, dan almond. Kadang disebut juga dengan nama prune atau prem. Buah ini mirip sekali bentuknya dan teksturnya dengan buah persik.

Buah plum merupakan sumber vitamin, mineral, fitonutrien, flavonoid, dan antioksidan. Dengan begitu, manfaatnya banyak sekali bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

Nah, sebelum melihat manfaat buah plum, ada baiknya kita lihat terlebih dahulu kandungan dari buah plum.

Apa Saja Kandungan Buah Plum?

Buah plum yang umum dijual terbagi dalam 4 jenis, yaitu Damsons, Greengages, Mirabelles, dan Victoria plum. Namun, terlepas dari variannya, buah plum memiliki kandungan menyehatkan yang sama; yaitu:

  1. Antioksidan
  2. Isatin
  3. Serat
  4. Vitamin A
  5. Vitamin B
  6. Vitamin C
  7. Vitamin K
  8. Sorbitol
  9. Mineral
  10. Protein
  11. Kalium
  12. Beta Carotene

Sederetan kandungan buah plum di atas menawarkan segudang manfaat buat tubuh. Apa saja? Yuk, kita lanjut mengetahui manfaat buah plum di bawah ini.

manfaat buah plum untuk kesehatan

Manfaat Buah Plum yang Sebaiknya Kamu Ketahui

1. Mengobati Masalah Pencernaan

Salah satu manfaat buah plum yang sering diperbincangkan banyak orang adalah keunggulannya dalam mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit dan wasir.

Serat yang terkandung dalam buah plum dapat membuat masa feses menjadi lebih padat sehingga menjauhkan kita dari masalah pencernaan dan membantu menyembuhkan pada saat diare agar lebih cepat mengeras.

Tidak hanya itu, serat buah plum yang melancarkan pencernaan juga dapat melindungi kita dari risiko terkena penyakit kanker usus.

Baca juga: Cara Alami Mengatasi Diare, Enggak Harus Pakai Obat!

2. Baik untuk Kesehatan Tulang

Menurut beberapa penelitian terpercaya, konsumsi buah plum dapat meningkatkan kesehatan tulang. Buah plum mengandung boron yang penting untuk menjaga kepadatan dan kesehatan tulang. Buah ini juga kaya akan flavonoid dan senyawa fenolik yang membalikkan proses pengeroposan tulang.

3. Dapat Membantu Menyembuhkan Bekas Luka

Manfaat buah plum yang lainnya adalah dapat meningkatkan sirkulasi darah ddi bawah kulit yang memiliki bekas luka, membantu pertumbuhan sel kulit baru, dan pada akhirnya membantu secara perlahan untuk memudarkan bekas luka.

Konsumsi buah plum juga dapat meningkatkan tekstur dan elastisitas kulit, sehingga lebih kenyal dan awet muda. 

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sedang diet? Buah plum akan menjadi teman baikmu! Mengonsumsi buah plum sangat bermanfaat bagi orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan atau diet karena bisa mengenyangkan lebih lama.

Buah plum mengandung senyawa bioaktif seperti flavonoid dan senyawa fenolik seperti antosianin, asam klorogenat, kuersetin, serta katekin. Semuanya membantu melawan sindrom metabolik dan karenanya dapat membantu dalam penurunan berat badan.

Buah plum juga memberikan manfaat anti-inflamasi ke sel-sel tubuh kita, termasuk sel-sel lemak. Buah plum ini juga merupakan sumber serat pangan yang baik untuk membuat kita merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membuat kita tidak ingin ngemil, cocok sekali untuk yang dalam program diet.

Baca juga: Cara Menguruskan Badan dengan Cara Alami, Tertarik Coba?

5. Membantu Menurunkan Kolesterol

Manfaat buah plum yang kelima berpengaruh dalam menurunkan kolesterol. Asam propionat yang dihasilkan serat buah plum termasuk jenis serat tidak larut. Bukti medis yang sudah banyak selama ini melaporkan bahwa asam propionat memiliki sifat penurun kolesterol.

Asam propionat membantu menurunkan kolesterol darah dengan mengikat asam empedu dan mengeluarkannya dari tubuh melalui kotoran. Asam empedu berguna untuk mencerna lemak yang diproduksi oleh hati dari kolesterol.

Ketika asam empedu diekskresikan bersama dengan serat plum, hati harus memproduksi asam empedu baru dan memecah lebih banyak kolesterol, sehingga menurunkan jumlah kolesterol yang beredar.

Serat larut juga bisa mengurangi jumlah kolesterol yang diproduksi oleh hati. Jadi, mengonsumsi buah plum sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol.

6. Kaya Antioksidan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, buah plum mengandung antioksidan dan antioksidan yang dikandung dalam buah plum tidak main-main. 

Buah plum mengandung fitonutrien yang tergolong sebagai fenol, yaitu asam neochlorogenic dan chlorogenic. Fenol adalah antioksidan yang ampuh menetralkan radikal bebas berbahaya yang disebut radikal anion superoksida.

Fenol bahkan juga dapat membantu mencegah kerusakan oksigen dalam lemak. Sel-sel tubuh, termasuk sel otak dan molekul seperti kolesterol sebagian besar tersusun dari lemak, sehingga penting untuk mencegah kerusakan radikal bebas pada lemak.

7. Mengurangi Risiko Persalinan Prematur

Siapa sangka buah plum sangat bermanfaat bagi ibu hamil Konsentrasi magnesium yang relatif tinggi dalam buah plum dapat mengurangi risiko kontraksi dini. Manfaat ini didapat dengan cara membantu proses relaksasi otot serviks.

Jadi, sangat baik untuk ibu hamil untuk mengonsumsi buah plum untuk mengurangi risiko persalinan prematur.

manfaat buah plum merah untuk kecantikan

Baca juga: Ini Rekomendasi Makanan untuk Menurunkan Kolesterol

Itu dia deretan manfaat buah plum yang baik tubuh secara umum, bahkan baik juga untuk ibu hamil untuk kebaikan persalinan.

Simak juga artikel UrbanIdea seputar makanan dan kesehatan menarik lainnya yang sebaiknya enggak kamu lewatkan.