Lengkuas jadi salah satu rempah yang paling sering digunakan untuk masakan Indonesia. Aromanya yang khas dan aromatik akan membuat hidangan terasa lebih nikmat. Biasanya, lengkuas dijadikan bumbu utama pada masakan rendang atau semur.

Selain digunakan sebagai bahan penyedap rasa, ternyata rempah yang memiliki tekstur keras dan berserat ini memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan, lho.

Bahkan akar tanaman yang sering disebut laos ini telah dipakai dalam metode pengobatan tradisional China selama ratusan tahun.

Bagi yang penasaran mengenai kandungan dan manfaat lengkuas, yuk simak artikel UrbanIdea kali ini.

Kandungan Nutrisi dalam Lengkuas

Rempah yang berasal dari Asia Selatan ini memiliki bentuk yang mirip dengan jahe dan kunyit. Saking miripnya, tak sedikit orang yang susah membedakan antara lengkuas dengan kedua rempah tersebut. Meski bentuknya mirip, lengkuas punya aroma dan komposisi nutrisi yang berbeda.

Beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam lengkuas di antaranya sodium, karbohidrat, protein, zat besi, kalsium, asam lemak, dan asam amino. Selain itu, lengkuas juga mengandung serat makanan yang diperlukan tubuh kamu.

Satu rimpang lengkuas memiliki 1 persen minyak atsiri berwarna kuning kehijauan, resin atau galangol, dan senyawa flavonoid yang merupakan komponen penting untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

khasiat lengkuas untuk lelaki

Melimpahnya kandungan nutrisi yang tersimpan di dalam lengkuas membuat rempah satu ini wajib ada di dapur kamu. Kandungan alaminya akan memberikan berbagai macam manfaat baik bagi kesehatan. Berikut deretan manfaat yang akan kamu dapatkan dari lengkuas.

1. Menurunkan risiko kanker

Lengkuas adalah salah satu sumber antioksidan terbaik. Seperti yang kita tahu kalau antioksidan mampu membantu melawan penyakit dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit kanker. Mengonsumsi lengkuas secara rutin tentu dapat mengurangi risiko penyakit mematikan tersebut.

Kandungan vitamin C, alpin, dan galangin yang ada di lengkuas juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Untuk kamu yang mudah terserang demam atau flu wajib banget buat konsumsi lengkuas agar tubuh selalu kuat dalam menjalani aktivitas harian.

Baca juga: Ini Kandungan dan Manfaat Labu Siam untuk Tubuh

2. Mengurangi peradangan nyeri

Kandungan fitokimia (senyawa kimia alami dalam tanaman) yang terdapat di dalam lengkuas dipercaya dapat mengurangi peradangan. Senyawa tersebut bekerja dengan mengurangi rasa sakit yang menjadi gejala umum peradangan.

Hal ini pun dibuktikan dengan sebuah studi yang melibatkan 261 penderita osteoartitis. Pasalnya 63 persen dari pasien tersebut mengaku nyeri lututnya berkurang setelah mengonsumsi ekstrak lengkuas setiap hari.

3. Baik untuk kesuburan pria

Mungkin tak banyak yang tahu kalau lengkuas dapat membantu meningkatkan kesuburan pria.

Ya, dalam sebuah penelitian yang dilakukan selama 3 bulan pada 66 pria dengan kualitas sperma rendah menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi ekstrak lengkuas mengalami peningkatan motilitas sperma sebanyak 62 persen.

4. Melindungi tubuh dari infeksi

Peran lengkuas dalam pembuatan masakan bukan hanya sebagai penambah aroma dan pemberi rasa saja, tapi juga ada manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari rempah banyak khasiat ini.

Menambahkan lengkuas ke dalam masakan yang kamu buat nyatanya mampu mengurangi risiko infeksi yang disebabkan oleh makanan kurang matang. Lengkuas akan membunuh bakteri berbahaya seperti E.coli, Staphylococcus aureus, dan Salmonella typhi yang bisa menyebabkan tifus.

Baca juga: Deretan Buah dengan Kandungan Vitamin A yang Tinggi

5. Mengatasi masalah pencernaan

Sudah sejak lama lengkuas dijadikan obat untuk mengatasi masalah pencernaan. Dalam pengobatan Ayuverdic pun, lengkuas digunakan untuk meringankan sakit perut, mengatasi diare, mengurangi rasa mual dan muntah, serta menghentikan cegukan.

Aroma khas yang dimiliki lengkuas akan menenangkan saraf-saraf yang ada di dalam perut jika kamu sedang merasa agal mual, bisa mencoba lengkuas sebagai aromaterapi.

Khasiat lengkuas tersebut tentu bisa dimanfaatkan oleh ibu hamil yang mengalami mual dan muntah di awal kehamilan. Caranya, kamu bisa mengunyah beberapa iris lengkuas segar. Atau, kamu juga bisa merebus lengkuas dan meminum air rebusannya yang dicampur madu.

6. Menjaga kesehatan otak

Lengkuas dapat menjaga kesehatan otak karena memiliki kandungan antoksidan yang cukup tinggi. Rempah ini dipercaya efektif dalam memperlambat atau mencegah timbulnya penyakit neurodegeneratif yang merupakan penyebab kematian sel saraf di otak.

Jika sel saraf di otak mengalami kelumpuhan, gangguan gerakan tubuh dan fungsi mental pun akan terganggu.

7. Sebagai obat tetes telinga

Buat kamu yang punya masalah telinga dapat diatasi dengan obat tetes telinga yang dibuat dari lengkuas. Parutan lengkuas muda yang sudah diperas akan menghasilkan kandungan air yang cukup banyak.

Nah, air lengkuas ini bisa kamu pergunakan sebagai tetes telinga yang bermanfaat untuk sekadar membersihkan maupun obat ketika telinga terasa sakit.

Baca juga: Kreasi Resep Ayam Suwir Rumahan untuk Sajian Kapan Saja

Nah, setelah mengetahui kandungan dan manfaat lengkuas bagi kesehatan, mulailah untuk mengonsumsi lengkuas secara rutin sebagai bahan bumbu dapur.

Simak juga artikel UrbanIdea seputar makanan dan kesehatan menarik lainnya yang sebaiknya enggak kamu lewatkan.