Siapa yang tak tahu labu siam? Sayuran yang memiliki bentuk seperti buah pir ini memang jadi salah satu lauk andalan masyarakat Indonesia. Harganya yang murah dan mudah diolah jadi alasan mengapa labu siam begitu diminati.

Labu siam sendiri sering diolah menjadi tumisan atau sayuran berkuah santan yang gurih. Bahkan saat hari Raya Idul Fitri, sayur santan labu siam jadi salah satu menu wajib yang harus dihidangkan sebagai pendamping ketupat.

Tidak hanya memiliki rasa yang enak, labu siam juga memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Kandungan seratnya cukup tinggi dan memiliki kalori serta karbohidrat yang rendah. Bagi yang sedang menjalani pola hidup sehat, labu siam tentu sangat cocok dijadikan menu sehat harian.

Jika dikonsumsi secara rutin, labu siam akan mendatangkan berbagai manfaat kesehatan. Nah, bagi kamu yang belum menyadari pentingnya mengonsumsi labu siam, sebaiknya simak kandungan dan manfaat labu siam berikut ini.

Ini Nutrisi yang Ada di Dalam Labu Siam

Satu buah labu siam umumnya setara dengan 203 gram. Dalam satu buah labu siam terdiri dari 39 kalori, 8 gram karbohidrat, 2 gram protein, dan 4 gram serat yang merupakan 14 persen dari total kebutuhan per hari.

Sayuran berwarna hijau pekat ini juga relatif tidak mengandung lemak sehingga sangat baik untuk kamu yang sedang menjalani program diet.

Tak hanya itu saja, labu siam juga kaya akan folat (vitamin B9) yang bertugas sebagai regenerasi sel dalam tubuh. Kandungan vitamin C, K, B6, mangan, zinc, potasium, dan magnesium di dalamnya pun juga tak boleh diabaikan begitu saja.

Yang tak kalah penting, labu siam juga memiliki kandungan senyawa flavonoid yang terdiri dari apigenin dan luteolin.

Baca juga: Resep Masakan Labu Siam dengan Berbagai Variasi

Apa Saja Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan?

manfaat labu siam untuk kolesterol

Sebagai salah satu sayuran dengan nutrisi yang cukup lengkap, labu siam tentu menyimpan banyak khasiat untuk tubuh. Berikut sederet manfaat kesehatan labu siam yang wajib kamu ketahui.

1. Membantu tubuh mendapatkan lebih banyak energi

Dengan kandungan mangan yang cukup tinggi, yakni sebanyak 9 persen, labu siam mampu memenuhi kebutuhan energi seseorang.

Kamu bisa memulai hari dengan menyantap olahan labu siam yang dicampur dengan telur, misalnya dibuat omelet labu siam. Atau, kamu juga bisa merebus labu siam begitu saja.

Baca juga: Cara Menguruskan Badan dengan Cara Alami

2. Mengurangi lelah dan rasa sakit pada kaki

Sering merasa lelah atau kaki yang terasa berat untuk melangkah? Ciri-ciri tersebut merupakan indikasi kalau tubuh sedang kekurangan potasium. Untuk memenuhi kebutuhan potasium harian, kamu bisa mengonsumsi labu siam.

Dalam satu porsi labu siam terkandung potasium sebanyak 4 persen. Tingginya kandungan potasium tersebut akan memberikan efek yang baik terhadap daya tahan tubuh seseorang. Selain itu, kebutuhan potasium yang terpenuhi juga akan mencegah seseorang dari risiko osteoporosis sehingga kamu bisa kembali beraktivitas walau usia semakin bertambah.

3. Menurunkan risiko serangan jantung

Labu siam mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa antioksidan mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol yang normal tentu akan berpengaruh terhadap kesehatan jantung.

Hal ini dikarenakan aliran darah akan kembali lancar serta tekanan darah akan ikut menurun. Itu artinya dengan mengonsumsi labu siam secara rutin, risiko serangan jantung pada seseorang pun akan berkurang.

4. Mengontrol gula darah

Bagi penderita diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi labu siam. Sebab labu siam mengandung serat yang ternyata bagus untuk mengontrol kadar gula darah. Selain itu serat juga membuat tubuh lebih lambat dalam mencerna makanan sehingga tubuh tidak langsung menyerap gula.

Labu siam sangat baik untuk penderita diabetes tipe 2. Untuk mendapatkan manfaat labu siam secara utuh, kamu bisa mengolahnya dengan cara direbus dan disantap sebagai lalapan.

Baca juga: Kandungan dan Manfaat Buat Plum untuk Kesehatan Sampai Kecantikan

5. Menyehatkan janin dalam kandungan

Kandungan folat (vitamin B9) yang ada di dalam labu siam sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan folat yang diperlukan ibu hamil. Bayangkan saja, satu buah labu siam mengandung hingga 189 mikrogram folat. Jumlah ini setara dengan rekomendasi jumlah folat yang diperlukan seorang wanita hamil dalam sehari.

Asam folat sendiri sangat penting untuk pertumbuhan sel dan juga DNA janin. Ibu hamil yang kekurangan asam folat bisa menyebabkan masalah kesehatan bagi bayi, misalnya cacat tabung saraf pada janin, masalah jantung, malformasi ekstremitas, bahkan keguguran.

Untuk memaksimalkan manfaat folat, calon ibu sebaiknya mulai mengonsumsinya satu bulan sebelum hamil hingga selama kehamilan trimester pertama.

6. Mengatasi anemia

Kekurangan zat besi dapat membuat seseorang rentan mengalami anemia. Nah, supaya tidak mengalami anemia, kamu bisa mengonsumsi labu siam. Sayuran satu ini memiliki vitamin zat besi yang dapat membantu hemoglobin mengikat oksigen.

7. Meningkatkan fungsi otak

Dalam labu siam juga terdapat kandungan vitamin B6 sebanyak 4 persen yang berguna untuk merangsang kinerja otak. Mengonsumsi labu siam sehari-hari dapat meningkatkan kemampuan mengingat dan memaksimalkan fungsi otak lainnya.

Tentunya dengan kandungan yang ada di labu siam ini sangat baik untuk mengurangi karakteristik pelupa yang mungkin sering kamu alami sendiri.

Baca juga: Cara Mengatasi Diare dengan Cara Alami, Bebas Risiko!

Tidak disangka bukan, kalau sayuran yang harganya murah ini ternyata memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan? Enggak ragu lagi dong, buat mengonsumsinya?

Simak juga artikel UrbanIdea seputar makanan dan kesehatan menarik lainnya yang sebaiknya enggak kamu lewatkan.