Diet adalah satu rutin yang biasanya dilakukan untuk menguruskan badan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan. Ada banyak jenis diet yang bisa kamu lakukan saat ini, salah satunya adalah diet Mayo yang cukup populer beberapa waktu ke belakang

Artikel ini akan membahas info seputar diet Mayo, mulai dari pengertian diet Mayo, cara melakukan diet Mayo, hingga menu diet Mayo dan pantangannya. Buat kamu yang tertarik untuk menjalankan diet Mayo, yuk simak!

Diet Mayo Adalah…

apa itu diet mayo

Mayo Clinic Diet atau “diet mayo” adalah diet yang dikembangkan oleh para ahli penurunan berat badan di Mayo Clinic, salah satu instansi kesehatan terbaik di Amerika Serikat. Diet ini didasarkan pada buku Diet Klinik Mayo yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1949 dan yang terbaru diperbarui pada tahun 2017.

Diet Mayo menggunakan piramida untuk mendorong olahraga dan menggambarkan jumlah makanan tertentu yang harus kamu makan saat sedang menjalani programnya.

Buah-buahan, sayuran, dan aktivitas fisik membentuk dasar piramida. Karbohidrat terdiri dari lapisan piramida berikutnya, diikuti oleh protein, lemak, dan akhirnya permen.

Diet ini mendorong kamu untuk membatasi ukuran porsi makan dan mengajarkanmu untuk merancang menu makanan yang baik, sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin mencoba menurunkan berat badan.

Cara Melakukan Diet Mayo

Diet mayo yang dikenal sekarang ini dilakukan dengan cara membatasi asupan garam dan karbohidrat. Tapi, sebenarnya bukan itu saja yang harus diperhatikan saat melakukan diet mayo. Diet mayo lebih mengacu kepada:

  1. Jumlah kalori yang harus masuk ke tubuh tergantung pada kebutuhan kalori dan tujuan diet masing-masing individu Berkisar antara 1200-1800 kalori per hari, dan tidak kurang dari angka tersebut. Tergantung dari jenis kelamin dan berat badan awal.
  2. Banyak makan sayur dan buah sehingga membuat kenyang lebih lama dengan kalori minimal. Sayuran dan buah merupakan dasar dari diet Mayo.
  3. Membatasi asupan garam. Asupan garam yang sedikit dapat meningkatkan keluarnya air dalam tubuh sehingga berat badan Anda berkurang. Perlu juga diketahui bahwa garam dapat mengikat air dalam tubuh, sehingga kamu juga harus menghindari makanan dengan kandungan garam tersembunyi, biasanya banyak dalam makanan olahan.
  4. Membatasi asupan gula dan erbanyak asupan protein. Protein juga dapat membuat kamu lebih merasa kenyang setelah makan sehingga tidak atau mencegah makan secara berlebihan.
  5. Batasi asupan lemak. Seperti yang sudah kamu ketahui, terlalu banyak asupan lemak menyebabkan kenaikan berat badan. Untuk itu, menu diet Mayo biasanya berisi makanan yang dikukus atau direbus.

Baca juga: Cara Menguruskan Badan dengan Alami

Apa Sajakah Manfaat Diet Mayo?

  1. Mendorong konsumsi buah dan sayuran.
  2. Mayo Clinic Diet merekomendasikan olahraga minimal 30 menit sehari, yang dapat mengurangi risiko kondisi kronis tertentu, termasuk diabetes dan penyakit jantung.
  3. Olahraga dapat membantu mencegah diabetes dengan meningkatkan sensitivitas insulin, menghasilkan kadar gula darah yang lebih rendah.
  4. Olahraga teratur juga dapat meningkatan kesehatan jantung, karena mengurangi peradangan dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Ini Rekomendasi Menu Diet Mayo

menu diet mayo

Piramida menu dalam Mayo diet memungkinkan kamu untuk memakan sejumlah porsi dari berbagai kelompok makanan. Misalnya, rencana 1.400 kalori mencakup 4 atau lebih porsi sayuran dan buah-buahan, 5 porsi karbohidrat, 4 porsi protein atau susu, dan 3 porsi lemak.

Meskipun tidak ada makanan yang benar-benar terlarang, beberapa makanan lebih direkomendasikan daripada yang lain.

Buah-buahan: segar, beku, atau kalengan dalam jus atau air – termasuk 120 ml jus buah 100% per hari dapat kamu konsumsi pada saat sedang menjalani diet Mayo.

– Menu makanan yang baik untuk diet Mayo:

  1. Sayuran: segar atau beku
  2. Biji-bijian utuh: sereal, oatmeal, roti gandum, pasta, dan beras merah atau liar
  3. Protein: kacang kaleng, tuna rendah sodium, ikan lain, unggas putih tanpa kulit, putih telur, tahu
  4. Susu: yogurt, keju, dan susu rendah lemak atau bebas lemak
  5. Lemak: lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan

Baca juga: Buah dengan Kandungan Vitamin A yang Tinggi

Adakah Pantangan dalam Diet Mayo?

apa itu mayo diet

Sebenarnya tidak ada makanan yang sepenuhnya dilarang pada rencana Diet Klinik Mayo, tetapi berikut ini adalah makanan yang harus kamu batasi saat melakukan diet Mayo:

  1. Buah kaleng dalam sirup, lebih dari 4 ons (120 ml) jus buah 100% sehari, dan produk jus yang bukan 100% buah.
  2. Sayuran bertepung, seperti jagung dan kentang yang dianggap sebagai pilihan karbohidrat yang baik.
  3. Makanan yang mengandung karbohidrat seperti tepung putih, oti putih dan pasta dan gula olahan, seperti gula meja.
  4. Hindari konsumsi produk susu seperti susu penuh lemak, keju, dan yogurt.

Jadi sederhananya, Mayo diet adalah rencana makan seimbang yang berfokus pada buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan lemak sehat.

Meskipun tidak mengharuskanmu untuk menghitung kalori, hal ini merekomendasikan porsi berbagai kelompok makanan berdasarkan tingkat kalori target.

Jika kamu sedang mencari diet yang dapat kamu pertahankan seumur hidup, Mayo Diet adalah pilihan yang seimbang.

Simak juga artikel UrbanIdea seputar makanan dan kesehatan menarik lainnya yang sebaiknya enggak kamu lewatkan.