Banyak orang yang kesulitan menurunkan berat badannya, padahal untuk mencapai berat badan ideal tak sesulit yang dibayangkan, lho. Kamu juga tak perlu sampai diet ketat hanya untuk menurunkan berat badan. Alih-alih ingin kurus dalam waktu cepat, kamu malah jatuh sakit akibat tersiksa karena mengurangi asupan makanan secara drastis.

Diet ketat memang tak berjalan efektif. Maka dari itu, kamu harus mencoba cara lain yang tidak akan membuatmu merasa tersiksa. Namun perlu diingat bahwa yang namanya menurunkan berat badan bukanlah proses yang instan sehingga dibutuhkan komitmen dan disiplin dalam menjalaninya.

Nah, untuk kamu yang bertanya-tanya cara menguruskan badan dengan cara yang sehat dan efektif, ini dia beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan.

Cara Mudah Menurunkan Berat Badan dengan Cara Alami

Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang paling ampuh adalah dengan menjaga pola makan. Mengonsumsi makanan sehat dengan memperbanyak sayur dan buah-buahan yang berserat jadi solusi yang paling tepat bila ingin memiliki tubuh ideal dalam waktu cepat.

Selain menjaga pola makan, kamu juga perlu melakukan cara lainnya. Tujuannya agar program menurunkan berat badan yang kamu lakukan bisa berjalan maksimal. Berikut cara mudah turunkan berat badan dalam waktu cepat.

1. Perbanyak minum air lemon

lemon infused water

Buah lemon mengandung potasium yang berfungsi untuk meningkatkan massa otot. Mengonsumsi air lemon setiap hari akan membuat lemak jenuh yang ada di dalam tubuh jadi lebih mudah terbakar.

Supaya hasilnya lebih maksimal, peras air lemon lalu campurkan ke dalam air hangat. Waktu terbaik minum air lemon adalah pagi hari saat perut masih dalam keadaan kosong.

Baca juga: Kandungan dan Manfaat Lengkuas untuk Tubuh – Apa Saja?

2. Kurangi asupan karbohidrat

nasi beras karbohidrat

Tahukah kamu kalau sumber lemak jenuh yang paling utama berasal dari karbohidrat. Agar berat badan cepat turun, sebaiknya kurangi asupan karbohidrat. Ganti asupan karbohidrat dengan sayuran yang bergizi tinggi agar kamu tidak mudah cepat lapar.

Atau, kamu juga bisa mengganti nasi dengan sumber karbohidrat yang lebih baik seperti kentang, ubi, jagung, kacang-kacangan, dan quinoa. Namun, kalau memang terbiasa mengonsumsi nasi putih dan tak bisa lepas dari nasi, ganti nasi putih dengan nasi merah yang mengandung tinggi serat.

3. Jangan lewatkan sarapan

Banyak orang yang ingin menurunkan berat badannya secara cepat dengan cara melewatkan sarapan. Padahal sarapan adalah santapan paling penting untuk menjalani hari. Tanpa adanya asupan makanan di pagi hari, tubuh juga akan menjadi cepat lapar dan lelah.

Jika sudah begini, kamu pasti jadi ingin makan lebih banyak saat jam makan siang. Akibatnya program diet yang kamu jalani pun berakhir sia-sia. Tentunya kamu tak ingin hal ini terjadi, bukan?

4. Makan dalam porsi kecil

Bagi kamu yang punya nafsu makan besar, siasati dengan menggunakan piring atau mangkuk yang lebih kecil saat mengambil makanan. Berdasarkan penelitian, makan dengan piring kecil dapat membuat seseorang jadi terbiasa untuk menyantap makanan dalam porsi yang sedikit.

Dengan begini, jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh pun juga akan berkurang. Meski harus makan dengan porsi kecil, kamu bisa menambah waktu makan menjadi 4 – 5 kali sehari. Cara ini dinilai jauh lebih baik dalam membantu menurunkan berat badan ketimbang makan dalam porsi besar sebanyak 3 kali sehari.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Diet Mayo? Ketahui di Sini

5. Olahraga 30 menit sehari

olahraga untuk diet

Sulit rasanya bila ingin menurunkan berat badan tanpa diimbangi dengan olahraga yang rutin. Para ahli pun menyarankan agar kita memprioritaskan olahraga setiap hari. Tujuannya jelas supaya tubuh menjadi lebih sehat dan mencapai berat badan ideal.

Olahraga tak perlu dilakukan terlalu lama, kok; cukup habiskan waktu 30 menit maka tubuh pun akan berkeringat. Yang terpenting, lakukan latihan kardio agar lemak di dalam tubuh bisa cepat terbakar. Jika ingin menambah durasi berolahraga, sesuaikan dengan kemampuan tubuhmu.

6. Minum 1,8 liter air dalam sehari

air mineral untuk diet

Mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh juga bisa dijadikan cara untuk menurunkan berat badan dalam waktu cepat. Minumlah 1,8 liter air dalam sehari.

Air tak hanya berfungsi membersihkan tubuh dari racun dan zat-zat yang tidak perlu, tapi juga membantu makanan agar lebih cepat terurai.

7. Tidur cukup

susah tidur insomnia

Selain menjaga pola makan dan rutin berolahraga, pastikan waktu tidurmu cukup. Sebab, tidur yang cukup akan membantu memulihkan energi sehingga memungkinkan kamu untuk membakar lebih banyak kalori.

Sedangkan, saat kamu kurang tidur, produksi hormon ghrelin yang berfungsi merangsang nafsu makan akan meningkat. Efeknya, kamu jadi mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih banyak.

Baca juga: Ini Deretan Buah dengan Kandungan Vitamin A yang Tinggi

Itulah beberapa cara menurunkan berat badan dengan cepat. Ingat, jangan tergoda untuk menurunkan berat badan dengan diet ketat karena ini hanya akan menyiksamu. Yu, mulai gaya hidup sehat dengan menerapkan cara di atas.

Simak juga artikel UrbanIdea seputar kesehatan menarik lainnya yang sebaiknya enggak kamu lewatkan.