Ketika kamu mengalami diare, buang air besar menjadi lebih lembek dan berair. Hal ini sangat lazim atau biasa dan biasanya penyakit ini tidak serius.

Banyak orang mengalami diare beberapa kali dalam setahun. Biasanya berlangsung dari dua hingga tiga hari. Beberapa orang lebih sering mengalaminya karena banyak faktor, mulai dari gaya hidup yang tidak sehat seperti makan sebarangan atau makan makanan yang tidak higenis yang terkontaminasi oleh bakteri.

Beberapa bakteri ini diantaranya yaitu, salmonella, shigella, dan esherichia coli yang bisa menyebar ke makanan. Walaupun tidak serius atau berbahaya, penyakit ini jika dibiarkan saja lama-lama akan berdampak pada komplikasi yang serius.

Apa Saja Cara Alami Mengatasi Diare?

Gejala diare adalah feses menjadi encer, nyeri dan kram perut, mual serta muntah yang tak tertahan. Ada juga yang bisa sampai nyeri kepala, kehilangan nafsu makan, demam dehidrasi hingga keluarnya darah pada feses pada diare yang lebih parah.

Saat dehidrasi terjadi pada orang dewasa, badan menjadi lelah, kurang nafsu makan, pusing, nyeri kepala serta mulut kering. Sedangkan pada anak-anak terlihat lebih cenderung mengantuk, mata cekung, dan tidak responsif.

Mengatasi diare kini lebih mudah dengan bahan-bahan alami, seperti memakan makanan sehat dan mengikuti gaya hidup sehat. Berikut ini adalah cara mengatasi diare dengan bahan alami yang bisa kamu coba.

1. Perbanyak minum

air putih untuk mengatasi diare secara alami

Minum banyak cairan merupakan salah satu cara menyembuhkan diare secara alami. Asupan air sangat diperlukan oleh tubuh selama diare karena salah satu penyebab diare adalah dapat menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan. Jika kamu sampai terkena dehidrasi, maka akibatnya dapat berisiko parah.

Karena tubuh mengandung sangat banyak air, cara terbaik untuk mencegah dehidrasi adalah dengan meminum cairan yang mengandung garam dan gula, seperti cairan oralit. Jika kamu mau coba buat, cara membuatnya adalah dengan cukup larutkan ½ sendok teh garam dan 6 sendok makan gula ke dalam 1 liter air.

Minum cairan oralit dapat membantu usus menyerap kelebihan cairan lebih efisien. Solusi ini terbukti juga lebih efektif menghidrasi tubuh saat diare dibandingkan air putih saja.

Selain itu, minum jus buah dan makan makanan berkuah, seperti sup ayam juga dapat menjadi pilihan cara menyembuhkan diare melalui cairan.

Nah, tidak semua cairan baik untuk tubuh pada saat diare. Hindari jenis minuman yang dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan.

Minuman yang harus dihindari agar terhindar dari diare:

  1. Minuman yang mengandung kafein
  2. Minuman bersoda atau berkarbonasi
  3. Minuman yang sangat panas
  4. Minuman beralkohol
  5. Susu dan produk dari bahan susu

Baca juga: Ketahui Kandungan dan Manfaat Labu Siam untuk Tubuh

2. Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung probiotik

cara mengatasi diare dengan probiotik

Cara menyembuhkan diare yang juga terbukti ampuh adalah dengan mengonsumsi minuman, makanan, atau suplemen probiotik. Probiotik adalah jenis bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan saluran pencernaan.

Probiotik bermanfaat untuk mendukung fungsi kerja usus dan membantu melawan infeksi pada saluran pencernaan. Kamu dapat menemukan probiotik dalam yogurt atau jenis makanan fermentasi, seperti tahu dan tempe.

3. Hindari makanan dengan karakteristik ini

pantangan makanan agar tidak diare

Jika kamu mengalami diare, kamu harus menghindari makan makanan berminyak. Hal ini karena makanan berminyak dapat mengiritasi atau menekan saluran pencernaan.

Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi saat diare yaitu:

  1. Makanan tinggi lemak
  2. Makanan berminyak
  3. Makanan pedas
  4. Makanan yang mengandung pemanis buatan
  5. Makanan dengan tingkat fruktosa tinggi

4. Konsumsi sari daun jambu biji

khasiat daun jambu biji untuk mengatasi diare

Daun jambu biji juga termasuk ke dalam daftar obat diare alami yang bisa kamu coba. Manfaat daun jambu tidak hanya membunuh bakteri penyebab diare, tapi juga membantu memadatkan tekstur tinja yang sedang encer di saat diare.

Cara mengobati diare dengan obat diare alami daun jambu biji yaitu dengan cara merebus 4-5 lembar daun jambu biji di dalam air mendidih selama kurang lebih 10 menit, lalu minum air rebusan daun jambu biji 2-3 kali sehari sampai diare sembuh.

Baca juga: Lengkuas Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ketahui Juga Kandungan Lengkapnya di Sini

Itu dia beberapa cara mengatasi diare dengan bahan alami yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat ya!

Simak juga artikel UrbanIdea seputar makanan dan kesehatan menarik lainnya yang sebaiknya enggak kamu lewatkan.