Resep masakan daging sapi bisa banyak macam dan variasinya. Mulai dari olahan goreng, kuah, tumis, sampai steak, daging bisa disajikan dengan ragam teknik masakan yang kreatif dan menggugah.

Kalau kamu ingin sesuatu yang berbeda dari olahan daging, sajian boeuf bourguignon mungkin bisa jadi inspirasi kreasi kuliner kamu; karena, kenapa enggak?

Untuk itu, berikut UrbanIdea sajikan info seputar resep dan cara membuat boeuf bourguignon.

Seputar Boeuf Bourguignon

Sama seperti banyak hidangan kuliner pada umumnya, boeuf bourguignon merupakan sajian kuliner tradisional asli dari sebuah tempat. Asal masakan boeuf bourguignon adalah Perancis, tepatnya di wilayah bernama Burgundy.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa boeuf bourguignon muncul pada abad ke-19. Keunikan dari hidangan asli Perancis ini adalah pengolahannya yang menggunakan anggur merah.

Selain menggunakan daging sebagai bahan utamanya, kuliner tradisional Perancis ini juga dilengkapi dengan ragam sayuran sebagai pelengkap nutrisi yang menyehatkan tubuh.

Baca juga: Turunkan Kolesterol dengan Mengonsumsi Ini

Resep Boeuf Bourguignon

Jika kamu ingin sebuah olahan daging yang agak beda dari biasanya, boeuf bourguignon bisa jadi alternatif yang oke buat kamu coba di rumah.

Adapun bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat boeuf bourguignon adalah sebagai berikut:

  1. 100 gr irisan daging sapi
  2. 50 gr mentega atau margarin dapur
  3. 400 gr daging sapi has dalam, dipotong dadu
  4. 150 gr bawang bombai, dibelah 4 sampai 6 bagian
  5. 100 gr jamur kancing
  6. 4 sdt tepung terigu
  7. 100 ml minuman anggur merah
  8. 175 ml kaldu sapi
  9. 1 lembar daun salam
  10. 1 sdt daun thyme
  11. ½ sdt garam
  12. ½ sdt merica hitam
  13. 1 sdm daun seledri cincang

Baca juga: Ini Kandungan dan Manfaat Lengkuas

Cara Membuat Boeuf Bourguignon

Setelah mempersiapkan bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas, ikuti langkah di bawah ini untuk membuat boeuf bourguignon.

  1. Nyalakan oven dan atur suhu di 2.000 derajat Celsius
  2. Siapkan wadah tahan panas dengan takaran 500 sampai 700 ml
  3. Potong daging sapi irisan secara melintang sesuai dengan selera, sangrai hingga keluar minyaknya lalu angkat dan sisihkan
  4. Panaskan mentega di wajan, tumis daging has dalam yang sudah dipotong dadu hingga berwarna kecoklatan, lalu angkat dan sisihkan
  5. Di wajan yang sama, tumis bawang bombai dan jamur menggunakan minyak ekstrak daging. Tunggu hingga mengeluarkan aroma harum, kemudian angkat
  6. Tumis tepung terigu hingga kecoklatan, tuang minuman anggur merah dan kaldu daging sapi. Kemudian, masukkan daun salam, daun thyme, garam, dan merica; aduk hingga merata
  7. Selang beberapa menit, masukkan irisan daging sapi, daging has dalam, bawang bombai, dan jamur yang telah ditumis sebelumnya ke wajan kaldu anggur merah, aduk hingga rata
  8. Tuang masakan ke dalam wadah tahan panas yang sudah disiapkan sebelumnya, tutupi dengan lembaran aluminium
  9. Masukkan wadah ke dalam oven selama 45 menit dalam suhu 2.000 celcius
  10. Boeuf bourguignon siap disajikan

Baca juga: Kreasi Resep Ayam Kecap untuk Hidangan di Rumah

Resep boeuf bourguignon ini secara keseluruhan memakan waktu 1 jam 15 menit, dengan porsi yang bisa dinikmati oleh 4 orang. Sederhananya, boeuf bourguignon mirip seperti semur atau rendang, tapi dengan kuah bercitarasa Perancis menggunakan anggur merah.

Mudah bukan? Tentu saja tidak; tapi bisa juga sajian ini mudah buat kamu yang hobi memasak.

Simak juga artikel UrbanIdea seputar resep dan makanan menarik lainnya yang sebaiknya enggak kamu lewatkan.