Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan susu sapi. Susu merupakan minuman yang kaya akan zat gizi dan baik untuk semua usia sesuai jenisnya. Tetapi untuk kamu yang alergi susu sapi, susu kedelai bisa menjadi alternatif susu yang baik juga untuk orang-orang yang menjalani diet tertentu seperti vegetarian.

Pada esensinya, susu kedelai bukanlah susu. Susu dapat didefinisikan sebagai cairan putih yang berasal dari kelenjar mamalia, seperti manusia ataupun sapi, bukan tumbuhan. Susu yang berasal dari tumbuhan seperti kedelai atau almond adalah cairan ekstraksi dari tanaman sehingga tidak tepat dikatakan sebagai susu.

Namun, karena alasan kemudahan penyebutan dan kebiasaan, air ekstrak dari tumbuhan seperti kedelai ataupun almond ini pun kemudian disebut sebagai susu. Untuk itu, mari ketahui manfaat susu kedelai dan bagaimana cara membuat susu kedelai sendiri di rumah.

Manfaat Susu Kedelai

Buat kamu yang sedang menjalani diet vegetarian, susu kedelai bisa menjadi sumber nutrisi dengan banyak manfaat yang dikandungnya buat tubuh. Di bawah ini adalah beberapa manfaat susu kedelai yang sebaiknya kamu ketahui.

1. Kaya akan Nutrisi

Susu kedelai sangat kaya akan vitamin dan mineral. Secangkir susu kedelai kira-kira mengandung 7 gram protein, 8 gram karbohidrat, dan 1 gram serat. Susu kedelai juga merupakan sumber yang baik dari vitamin A, D, dan kalsium yang baik bagi tubuh kita.

Baca juga: Begini Cara Membuat Yoghurt Sendiri di Rumah

2. Menjaga Berat Badan

Manfaat dari susu kedelai yang kedua yaitu untuk menjaga berat badan. Kedelai merupakan makanan dengan kandungan glikemik indeks yang rendah dan sangat cocok untuk orang yang sedang mengurangi berat badan atau dalam program diet. Tidak heran banyak sekali snack sehat yang mengandung kedelai yang ditunjukkan untuk orang-orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Selain itu, kedelai pun diyakini mampu membantu menambah berat badan bila dikonsumsi dalam takaran tertentu. Hal ini bisa terjadi karena kedelai mengandung protein dan serat yang banyak. Sehingga, kedelai dapat menjadi solusi yang tepat jika ingin menjadikan badan menjadi lebih ideal.

3. Mengatur Kadar Kolesterol

Susu kedelai dapat membantu untuk mengatur kadar kolesterol dalam darah. Kedelai mempunyai kemampuan untuk mengatur kadar lemak dalam darah. Kedelai mengandung asam lemak tak jenuh yang mempunyai tugas dalam membantu mengurangi kadar trigliserida dalam darah.

Susu kedelai juga mengandung protein dan saponin yang diyakini betul dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Namun, penelitian ini masih memerlukan pendalaman lebih lanjut.

4. Dapat Menguatkan Tulang

Sama seperti susu sapi, susu kedelai juga mengandung kalsium. Bahkan, kalsium yang dikandung dalam susu kedelai lebih banyak daripada susu sapi. Kalsium dan vitamin D pada susu kedelai juga berfungsi sama dengan yang terdapat dalam susu sapi, yaitu berfungsi memperkuat tulang. Asupan kalsium inilah nantinya yang akan membuat terhindar dari berbagai ancaman gangguan kesehatan tulang, seperti osteoporosis.

5. Dapat Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Susu kedelai juga mengandung senyawa seng atau zink. Senyawa ini akan bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak-anak dan dewasa, sehingga mengonsumsi susu kedelai secara rutin dapat membantu kita menangkal virus-virus dan berbagai macam penyakit lainnya.

Baca juga: Ini Kandungan Lengkap Buah Kiwi dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Cara Membuat Susu Kedelai

cara membuat susu kedelai di rumah

Bahan yang dibutuhkan:

  • Biji kedelai 1 kg
  • Air mineral 10 L
  • Gula 4 sdm
  • Garam 1 sdt
  • Daun pandan 3 lembar

Cara membuat susu kedelai:

  1. Cuci bersih biji kedelai, lalu rendam biji kedelai dengan air selama 8 jam. Cuci lagi hingga bersih dan buang kulitnya.
  2. Blender biji kedelai yang sudah direndam dengan 10 L air mineral, kemudian saring dengan kain katun bersih sebelum direbus.
  3. Rebus susu kedelai dengan api sedang. Masukkan pula gula dan daun pandan. Aduk terus hingga mendidih. Kamu bisa juga untuk tidak menggunakan gula jika tidak ingin susu yang manis.
  4. Saring susu kedelai menggunakan kain katun bersih.
  5. Susu kedelai siap disajikan.

Baca juga: Apa Itu Diet Mayo? Simak Seluk-beluk Diet Mayo di Sini

Itu dia manfaat susu kedelai dan cara membuatnya di rumah yang bisa kamu ikuti dengan mudah. Yuk, mulai konsumsi susu kedelai untuk tubuh yang lebih sehat, cocok juga untuk kamu yang alergi susu sapi ataupun yang dalam diet tertentu seperti vegetarian.

Simak juga artikel menarik lain UrbanIdea seputar kesehatan dan makanan yang sebaiknya enggak kamu lewatkan.